Sabtu, 04 April 2015

ADMIN R IS BACK! SEOUL SPRING TRIP 2015 DIARY ^~^

INCHEON INTERNATIONAL AIRPORT
MARCH 31st 2015

HEY GUYS! Si it’s writer Riztrya back after a long time hiatus from here HAHA. But today, I will bring you something different. It’s not about a make up review, a tutorial, or so whatever. Today I will share you about MY SEOUL SPRING TRIP 2015 (finally I’m going there btw) and hopefully, this will help you once you are planning to Seoul. Check this out!
Ps : I’m writing this with ind-lish instead of full English okay ^^
So, I was planning this holiday since January 2015 right after my judicium with my friend. Awalnya mau backpacker aja berdua kebetulan ada teman Indonesia yang tinggal di Korea karena emang backpacker itu lebih seru. But, since both of us a girl, keluarga kita sama-sama gak kasih izin kalo backpacker gitu. Finally, kita putuskan untuk ikut tour&travel aja di salah satu tour&travel di Bandung.
Kita pilih ikut 5 days 3 night trip di tanggal 30 Maret – 3 April 2015. Biaya untuk akomodasi, transport, visa via tour&travel itu 818 USD per orang, bener-bener tinggal berangkat dan lucky us kita pake pesawat Garuda Indonesia.

30 Maret 2015 kita kumpul di terminal 2E Bandara Soekarno Hatta jam 21.00 WIB. Dengan style yang udah cukup siap kena dingin, kami pun menuju Seoul, South Korea dengan flight jam 22.45. Perjalanan dengan Garuda Indonesia sekitar 6-7 jam tanpa transit. Karena jam nya tidur jadi ya aku dan teman ku banyak menghabiskan waktu di pesawat dengan tidur atau nonton film.
31 Maret 2015 sekitar jam 08.30 (atau berapa ya lupa) KST (South Korea Time) rombongan pun sampai di Incheon International Airport SOUTH KOREA. Rasanya mau meledak akhirnya berhasil nginjek kaki di Korea setelah nunggu bertahun-tahun dan biasanya Cuma bisa liat lewat TV atau foto-foto oppa T_T setelah antri imigrasi dan bagasi kami menuju bus dan langsung ke Nami Island, tempat syuting winter sonata itu~ Seharusnya akhir maret itu udah mulai Spring, tapi pas kita disana itu suhu masih dibawah 10 dan dinginnya bener-bener dingin banget >< jadi untuk kalian yang berencana pergi ke Korea spring tahun depan, cek cek lagi aja suhu nya masih segimana disana. Perjalanan dari Incheon ke Nami Island sangat lama, sekitar 3 jam tanpa kena macet (korea sometimes ada macetnya juga loh, tapi ga se crowded di Indonesia lol).

Sebelum menuju Nami Island, kami makan siang dulu di rumah makan Nami-Ok.  Menu makan siangnya dalkalbi. Dalkgalbi ini ayam sih sebenernya, Cuma di mix dengan sayuran, ttokpoki dan Kimchi jadi rasanya seger-seger gitu. Menurut Mr. Kim (tour guide korea kami) di daerah Nami Island menu makanan yang paling terkenal emang dalkgalbi.

Begitu sampai di Nami Island, cuaca sedikit mendung dan suhu nya emang lebih dingin dari di kota Seoul sendiri. Nami island bener-bener memanjakan mata kamu dengan cuaca yang segar, dan view di kelilingi sama pepohonan. Di Nami Island juga banyak café-café untuk kalian yang mau coba nongkrong haha termasuk aku dan teman ku. Karena hujan semakin deras, dan kami sudah cukup lelah, kami memutuskan masuk salah satu café untuk menghangatkan diri dan jajan es krim green tea seharga 3500 won atau sekitar Rp. 45.000
 Nami Island, South Korea
 Book Cafe Nami Island, South Korea
Dari Nami Island kita langsung menuju Mount Sorak dan istirahat di Sorak Pine Resort Hotel. Karena itu diatas gunung, jadi kami gak kemana-mana malem itu, staying up and chatting all night bersama anggota travel lainnya. Pagi nya kami langsung menuju mount sorak dan naik cable car untuk ke atas gunungnya. LUCKY US (again) masih kebagian SALJU (norak, lol) begitu sampai di atas mount sorak kami disambut dengan hujan salju dan dingin luar biasa T_T mungkin suhu saat itu sekitar minus 1 kali ya. Mr.Kim bilang kalo summer view disini bagus banget, tapi kita happy soalnya lihat salju T____T Selesai dari mount sorak langsung menuju ibu kota Seoul and IT’S A YEAY ! Mount Sorak-Seoul ditempuh dalam waktu 3 jam.

Mount Sorak

Di Seoul kita menuju Gyeongbokgung Palace yang letaknya tepat di depan Blue House atau istana kepresidenan Korea. Gue gak gitu dengerin sih sama sejarahnya yang jelas it’s another best view for fotographing. Dan di Seoul udah mulai muncul bunga-bunga walau belom semua pohon sih. Di dalem gyeongbokgung palace kita diajak ke Seoul National Folk Museum untuk lihat kehidupan masyarakat Korea jaman dahulu. Sayang gak bisa ambil banyak foto, padahal museum nya cukup menyenangkan dan bisa nambah wawasan kita tentang budaya.

Gyeongbokgung Palace, South Korea

Next,  kita di ajak makan samgyetang atau ayam steam dengan kuah ginseng yang rasanya SUPERB ENAK dan baik untuk kesehatan. AKHIRNYA KESAMPEAN MAKAN BEGINIAN T_T dan rasanya beneran gak bohong, ENAK BANGET. Ayam nya bebas dari daleman, karena dalemannya diganti dengan nasi. Kuah ginseng nya beneran enak, dan bikin sehat plus menghangatkan badan.

SAMGYETANG

Selesai makan, kami dianter menuju Dongdaemun AND IT’S SHOPPING TIME! Kami belanja di Doota! Salah satu pusat belanja serba ada, dan serba penuh tapi jangan khawatir, di toko oleh-oleh yang ada di Doota, penjaga toko nya CAN SPEAK INDONESIAN VERY WELL. Bahkan bahasa Sunda, Jawa lancar semua sampe gue ketawa-ketawa sambil nawar barang hahaha but mostly fix price sih kalo belanja oleh-oleh di korea. Disitu aku belanja habis 88.000 WON untuk oleh-oleh kayak kaos, hiasan rumah, snack korea, macem-macem deh disana. Seriously, belanja di Korea ga bisa pake uang sedikit-sedikit, karena harganya mahal kalo kita convert ke IDR. 1 jenis hiasan rumah harganya bisa 20.000 WON dengan kurs 1 won = 12.3 rupiah silakan hitung sendiri. Untuk snack, yang murah paling yang kecil-kecil, kalo kayak kimchi, teh korea, dll sih mahal juga jatuhnya T_T.
Selesai di Doota kami menuju ke Hotel di Benikea Flower Hotel yang masih di Dongdaemun juga tapi agak jauh dari pusat perbelanjaan. Walaupun jauh dari pusat belanja, hello kita di Korea, ga mungkin dong jam 10 malem langsung tidur? HAHAHAHA aku, teman ku, dan 2 teman dari tour memutuskan buat cari jajanan pasar khas Korea macem yang ada di drama atau variety show lol setelah menyusuri jalan panjang, AKHIRNYA KETEMU!! And it feels like a heaven for us T___T
Nah, untuk kalian yang muslim sebaiknya berhati-hati saat jajan street food seperti ini. Mr. Kim bilang sebagian besar sosis di Korea mengandung daging babi, jadi kalau mau aman mending makan yang lain selain sosis. Disitu ada ttokpoki, egg bread, dan makanan olahan lain dan rasanya…. ENAK BANGET T_T 1jenis makanan harganya sekitar 2000-4000 won, lebih murah dari yang di jual di pusat perbelanjaan Dongdaemun. Tapi, kalau mau jalan ke gang seperti ini sebaiknya agak hati-hati karena kadang ada laki-laki yang sedang minum-minum sampai mabok dan tempatnya agak gelap. Tempat street food seperti ini kebanyakan gak bisa bahasa inggris, jadi kalian bawa kamus kecil korea aja cukup hanya untuk Tanya “harganya berapa?” nanti mereka akan tulis di kalkulator harganya ^^

Korean Street Food
Next, 2 April 2015 bisa dibilang hari terakhir puas-puasin belanja dan menghirup udara di Seoul (karena besoknya kita harus prepare ke bandara dari jam 4 subuh LOL). Trip pertama kita diajak ke toko ginseng dan di jelasin manfaat ginseng korea yang intinya baik untuk kesehatan dan kecantikan, tapi harganya sangat tidak baik HAHAHA ginseng dengan kualitas terbaik di jual sekitar Rp. 16.000.000 dan paling murah Rp. 4.000.000 gue sih mending belanja aja sampe gila di Myeongdong lol selagi ibu-ibu dan bapak-bapak masih asik dengan ginseng, kami geng anak muda asik foto-foto dan menghirup udara pagi di Seoul yang dingin.
Lalu habis lihat ginseng, kami diajak belajar membuat Kimchi dan foto pake baju tradisional Korea as known as HANBOK. Sayangnya belajar buat Kimchi nya no camera again tapi ini lah hasil foto kami pakai HANBOK. YEAY
Korea traditional outfit - HANBOK
Setelah itu kita diajak ke toko obat tradisional lain dan menurut gue hmmm membosankan. Jujur, buat kalian yang gak suka obat-obatan herbal pasti ga suka deh, tapi namanya ikut tour travel kan mau gamau ya harus ikutin haha jadi ya terpaksa mengikuti walau gak mendengarkan dan AKHIRNYA menuju DONGHWA DUTY FREE. Another heaven for a shopaholic like me. Disana kalian bisa nemuin barang-barang branded dari mulai make up, parfum, fashion, bag, shoes, yang mereknya ga ada di Indonesia dan ada pengembalian tax. Sayangnya gue kesana sama temen doang, kalo sama orang tua, probably i will buy everything LOL
Sebelom akhirnya menuju dongdaemun, kami dibawa ke salah satu sungai kecil yang jadi pusat nongkrong nya masyarakat disana (tapi gue lupa nama sungai nya apaan haha) ini berada tepat di pusat kota dan seriously, this is awesome T____T
Last night, kita spend time di Myeongdong. YES. YES YES. I'M FINALLY HERE! sayang gak ambil banyak foto karena hujan dan hectic banget gue cuma fokus belanja dan belanja hahaha myeongdong ini lebih surga dari duty free kalo gue bilang. Semua jenis barang ada disini. Make up dengan berbagai brand, street food, fashion, cemilan, sampai official Kpop goodies buat kalian yang kpoppers. DISINI TEMPATNYA. Khususnya kalian yang pecinta artis SMTOWN, di Lotte Young Plaza Myeongdong ada official store SM STARDIUM. Disana dari mulai album sampai pretelan official goodies LENGKAP. Semua SM artist ada disitu, DAN GUE MASUK SITU GUYS OMG. rasanya terharu...biasanya cuma beli via online, but now... I WAS REALLY THERE. Sampe gue cuma diem beberapa saat, sibuk mengagumi dan merekam semuanya di kepala gue. Dan staff nya sangat ramah. Mereka awalnya nyapa gue pake bahasa Korea, dan gue masih balas-balasan dengan bahasa Korea juga. Sampe akhirnya mereka sadar kalo gue foreigner dan mereka bilang maaf english nya ga gitu bagus, BUT HEY I'M OK AT LEAST I'M HERE HAHAHAHA dan okay, uang habis seketika di Myeongdong :(

Inti dari korea trip gue sih cuma segitu, buat kalian yang berencana untuk ke korea, sarannya sih :
  1. Cari tau informasi cuaca disana, kadang ramalan bulan suka gak sesuai sama cuaca sebenernya disana.
  2. Siapkan baju hangat SUPER HANGAT untuk kalian yang berencana pergi di autumn, winter atau spring. Karena anginnya beneran dingin dan sering hujan angin.
  3. Makanan disana ada beberapa yang saus nya pedes banget, mending hati-hati saat memilih saus sambalnya
  4. Kemarin gue habis sekitar 5-6 juta untuk trip segitu dan gue ga belanja banget. Untuk kalian yang belanja banget, disarankan bawa diatas 10juta (rupiah) karena harganya emang mahal-mahal
  5. Jangan kebanyakan trip ke toko obat, ini juga jadi masukan buat travel gue kemaren, kebanyakan ke toko obat ga efektif karena ga semua seneng dengan obat herbal, dan highlight dari Korea itu selain culture dan makanannya, tapi ya belanja nya itu lol
  6. Untuk yang muslim, lebih hati-hati memilih makanan terutama street food
  7. Sekali kamu kesana, pasti kamu akan ketagihan dan ingin kembali lagi <- team gagal move on lol
That's all from me. Mungkin ada yang mau ditanyain bisa langsung kontak personal via email ke : riztrya@yahoo.com semoga tulisannya bisa ngebantu kalian yang berencana akan ke Korea untuk liburan ya ^^